Kamis, 10 Februari 2011

Pertumbuhan Ekonomi Manggarai Timur Capai 6,14 Persen

Manggarai Timur pada tahun 2010 mengalami pertumbuhan sebesar 6,14%. Pertumbuhan tersebut mengalami peningkatan dari yang dicapai pada tahun 2007 yg mencapai 3,6%.


Wakil Bupati Manggarai Timur Andreas Agas mengatakan pertumbuhan itu mengalami peningkatan sebesar 80%. Sektor yang berkontribusi besar adalah bidang pertanian yang didukung oleh irigasi untuk persawahan proyek skala besar di Matim.

Untuk meningkatkan perekonomian daerah pihaknya gencar menggalang pembangunan infrastruktur yg dimulai dari pelebaran jalan utama dan yang mencapai 30 meter. Total biaya infrastruktur setiap tahun mencapai 22 miliar.


Untuk sektor listrik pihaknya menggandeng PLN dan swasta untuk investasi dalam pembangunan PLTA di waemusur golomongkok dengan anggaran RP 24 miliar. Listrik tersebut akan memenuhi kebutuhan listrik di Matim dan menarik minat investor lain masuk Manggarai Timur.

Tahun ini juga pemda Manggarai Timur, lanjut Ande Agas akan mencanangkan pembangunan bandara internasional yang bisa di singgahi Boing di Tanjung Bendera Nangarawa. Panjang landasan mencapai 5km yg sangat didukung oleh rakyat setempat.

Pihaknya juga akan mengeruk sungai wae bobo dengan transportasi sampan dan di piggir sungai itu akan di bangun pasar melalui BUMD yg bernama PD borong jaya. Selain itu akan dibangun juga hotel pemda dgn menu khas manggarai.

Dalam bidang pendidikan pemda telah mendukung langkah pater waser yg telah membangun sekolah bermutu di benteng jawa yg khusus kelas 5 dan 6. Syaratnya adalah anak juara 1,2,3 di setiap SD di Manggarai Timur akan masuk sekolah unggulan tersebut dgn biaya seluruhnya hanya 10 ribu per bulan yang mencakup semuanya.

Pemda saat ini telah menyumbang dana 114 juta rupiah untuk mendukung pemb sekolah tersebut " ini langkah kami untuk mencetak sdm unggulan di Manggarai Timur," ujarnya.

Tertinggi di NTT

Di tempat terpisah Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT), Drs. Frans Lebu Raya, mengatakan, pertumbuhan ekonomi baru mencapai 4,8 persen dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebesar 5,25 persen.

Pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai Kabupaten Manggarai Timur yakni sebesar 6,14 persen, sementara pertumbuhan ekonomi terendah terjadi di Manggarai Barat sebesar 3,19 persen, kata Gubernur NTT Frans Lebu Raya.

Dia mengemukakan hal itu dalam pidato pada upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-65 yang berlangsung di alun-alun rumah jabatan Gubernur NTT. Untuk mendapatan per kapita, dia mengatakan, tercatat Rp5,2 juta atau melampaui target RPJMD.

Dia mengatakan, PDRB per kapita tertinggi diraih Kota Kupang senilai Rp13,45 juta, sedangkan PDRB per kapita terendah di Kabupaten Sumba Barat Daya sebesar Rp3,03 juta.

Menurut dia, kontribusi kabupaten/kota terhadap pembentukan PDRB NTT tertinggi dari Kota Kupang sebesar 17,04 persen, sedangkan kontribusi terendah dari Kabupaten Sumba Tengah yakni hanya sebesar 1,09 persen.

Khusus untuk tingkat pengangguran, dia mengatakan, saat ini sebesar 3,98 persen atau lebih rendah dibanding tingkat pengangguran secara nasional sebesar empat persen.

Dalam hubungan dengan realisasi pendapatan daerah, Gubernur mengatakan, realisasi anggaran tahun 2010 sampai 30 Juni sebesar Rp578 miliar atau 57,22 persen dari target sebesar Rp1,1 triliun.

Dia mengharapkan pada akhir tahun, realisasi pendapatan mencapai 100 persen atau lebih. Untuk belanja daerah, dia mengatakan, tahun anggaran 2010 sebesar Rp1,174 triliun dan rencana belanja ini sampai 30 Juni telah terealisir sebesar Rp371 miliar.

Capaian ini merupakan akumulasi kontribusi dari berbagai sektor seperti pajak daerah, retribusi daerah baik jasa umum, jasa usaha maupun perizinan tertentu, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan daerah.

Gubernur menambahkan, untuk mendukung stabilitas ekonomi di daerah ini, pemerintah bekerja sama dengan Bank Indonesia untuk mengendalikan laju inflasi yang saat ini sebesar 7,5 persen.

"Saya berharap agar kalangan perbankkan terus menerus memberikan dukungan yang optimal bagi pertumbuhan ekonomi di daerah ini dengan sedapat mungkin menyalurkan kredit sebesar-besarnya kepada rakyat NTT," kata Lebu Raya.


Sumber :


http://www.nttonlinenews.com/ntt/index.php?option=com_content&view=article&id=7857:pertumbuhan-ekonomi-manggarai-timur-capai-614-persen&catid=35:ekono...

dalam:
http://www.batukar.info/news/pertumbuhan-ekonomi-manggarai-timur-capai-614-persen

Sumber Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Manggarai_Timur

1 komentar:

  1. Perencanaan wilayah yang stretegis dan didukung dengan SDM Matim yang berkualitas..bukan mustahil 10 tahun kedepan matim bisa meningkatkan perekonomian....kami mendukung pembangunan yang bisa menjadi magnit untuk lebih berkembang..
    Maju terus manggarai timur..
    HINDARI KORUPSI!!!!!

    BalasHapus