Kamis, 10 Februari 2011

Kabupaten Manggarai


Letak Geografis terletak pada 8o LU– 8o30’ LS dan 119o30’– 120o30” BT; Luas wilayah 4.188,90 Km2; Batas Wilayah Utara berbatasan dengan Laut Flores, Timur berbatasan dengan Kab. Ngada, Barat berbatasan dengan Kab. Manggarai Barat, dan arah Selatan berbatasan dengan Laut Sawu; Jumlah penduduk 504.163 orang (NTT dalam angka Tahun 2007); Wilayah Administrasi terdiri dari 9 kecamatan, dan 132 desa dan 17 kelurahan;

Pemerintah Kabupaten Manggarai beribukota di Ruteng, dipimpin oleh Bupati Drs. Christian Rotok. Kab. Manggarai mempunyai sebuah PDAM yaitu PDAM Tirta Komodo, Perusahaan Daerah lainnya yaitu PD Komodo Jaya, dan sebuah Rumah Sakit yaitu RSUD Manggarai.


Potensi Wisata Gua Liang Boa terletak di Pulau Flores, tepatnya di dusun Rampasasa, Desa Liang Bua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Gua Liang Bua diperkirakan mulai terbentuk sekitar 190.000 tahun yang lalu. Hal ini didapat dari uji laboratorium terhadap sampel sedimen di pojok selatan gua. Diperkirakan gua ini terbentuk dari arus sungai yang membawa bebatuan menembus gundukan bukit. Setelah melalui proses panjang, bebatuan itu menjadi batuan sedimentasi.

Situs Gua Liang Bua merupakan salah satu situs arkeologi penting tingkat dunia. Di gua ini, terdapat situs arkeologi tempat ditemukannya fosil Homo Floresiensis (Manusia Flores) yang mempunyai tinggi badan sekitar 100 cm dengan berat hanya 25 kg. Fosil-fosil tengkorak tersebut diduga berasal dari suatu spesies manusia yang tumbuh tidak lebih besar dari kanak-kanak berusia lima tahun. Manusia kerdil yang memiliki tengkorak seukuran buah jeruk ini diduga hidup 13.000 tahun lalu, bersama gajah-gajah pigmi dan kadal-kadal raksasa seperti Komodo.


Sumber Gambar:
http://kupang.bpk.go.id/web/?page_id=361

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar