Kamis, 10 Februari 2011

10 Tips Perjalanan ke Pulau Komodo (Manggarai Barat)

PULAU Komodo dan Pulau Rinca merupakan dua lokasi yang menarik untuk dikunjungi. Dua daerah eksotis itu bisa Anda jangkau melalui Labuan Bajo, ibu kota Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.
Lihat Peta Lebih Besar

Berikut tips perjalanannya:


1. Penerbangan ke Labuan Bajo bisa dilakukan dari Bali dan Kupang.

2. Perjalanan ke Pulau Komodo dan Pulau Rinca harus menggunakan kapal. Jenis angkutan laut yang digunakan bermacam-macam, mulai kapal pesiar, speed boat, kapal biasa hingga perahu klotok. Harga sewa dalam satu hari mulai dari Rp1 juta hingga Rp50 juta tergantung jenis kapal.

3. Lamanya perjalanan dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo antara 2-5 jam, tergantung jenis kapal yang digunakan.

4. Tiket masuk perorang Rp20 ribu (lokal) dan US$15 untuk wisman. Kamera, handycam, dll akan dkenai biaya.

5. Saat ini wisatawan bisa memilih mendatangi Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Keduanya memiliki ciri khas tersendiri, hanya saja jarak Pulau Komodo dari Labuan Bajo lebih jauh.

6. Lokasi Pulau Komodo lebih luas, daerah jelajahnya bisa dipilih rute pendek, menengah atau pun panjang. Lokasi Pulau Pulau Rinca lebih kecil, namun juga dibagi dalam tiga trek. Di Pulau Rinca bisa ditemui habitat kera, kuda dan kerbau liar. Habitat kijang dan kerbau juga banyak dijumpai di Pulau Komodo.

7. Pemandangan alam di dua pulau ini sangat indah. Namun, jangan lengah. Jangan pernah memisahkan diri dari rombongan atau jauh dari ranger (petugas yang sudah menjadi semacam pawang komodo).

8. Panas matahari sangat menyengat, disarankan memakai topi dan menggunakan krim pelindung matahari.

9. Disarankan memberi suvenir di Pulau Rinca dan Komodo, karena suvenir masih sulit ditemui di Labuan Bajo.Bentuk suvenir yang ditawarkan, ialah patung komodo, kain khas Flores, mutiara, dan t-hirt.

10. Di Labuan Bajo tersedia akomodasi, mulai dari kelas losmen dan hotel bntang. (Lin/X-13)

Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/mediatravelista/index.php/read/2011/01/21/2029/3/10-Tips-Perjalanan-ke-Pulau-Komodo

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar