Kamis, 10 Februari 2011

Kabupaten Sabu Raijua


Kabupaten Sabu Raijua merupakan kabupaten termuda di Propinsi Nusa Tenggara Timur berdasarkan Undang-undang nomor 52 tahun 2008 tanggal 26 November 2008. Kabupaten Sabu Raijua merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kupang dengan ibukotanya yaitu Seba. Kabupaten Sabu Raijua berjarak sekitar 445 mil (716,45 km) dari Kabupaten Kupang. Daerah ini dapat dijangkau melalui pelayaran laut selama lebih kuran 15 – 18 jam dengan menggunakan kapal fery dan sekitar 45 menit dengan menggunakan pesawat udara. Pelabuhan udara di Kabupaten Sabu Raijua bernama Pelabuhan Udara Terdamu.

Letak Geografis & Administrasi

Lihat Peta Lebih Besar
Kabupaten Sabu Raijua merupakan kabupaten yang paling selatan di Negara Republik Indonesia. Keadaan iklim di Pulau Sabu dipengaruhi oleh letaknya yang berdekatan dengan Benua Australia sehingga pada umumnya memiliki musim kemarau panjang dengan curah hujan yang rendah. Kabupaten Sabu Raijua terdiri atas beberapa pulau antara lain : Pulau Sabu, Pulau Raijua dan Pulau Dana.


Kabupaten Sabu Raijua secara geografis terletak antara koordinat 100 25’7,12”LS – 100 49’45,83”LS dan 1210 16’10,78”BT – 1220 0’30,26”BT. Batas-batas administratifnya adalah sebagai berikut :

Sebelah Utara : Laut Sawu
Sebelah Timur : Laut Sawu
Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
Sebelah Barat : Laut Sawu

Kabupaten Sabu Raijua meliputi 6 (enam) wilayah kecamatan dengan 42 desa dan 5 kelurahan. Kabupaten ini mempunyai luas wilayah 460,81 Km2. Pembagian wilayah Kabupaten Sabu Raijua adalah sebagai berikut :

1. Kecamatan Hawu Mehara (10 desa)
2. Kecamatan Raijua (4 desa dan 2 kelurahan)
3. Kecamatan Sabu Barat (17 desa dan 1 kelurahan)
4. Kecamatan Sabu Liae (12 desa)
5. Kecamatam Sabu Tengah (6 desa)
6. Kecamatan Sabu Timur (7 desa dan 2 kelurahan)

TOPOGRAFI

Kondisi topografis Kabupaten Sabu Raijua hampir didominasi oleh ketinggian antara 0–100 meter diatas permukaan laut meliputi hampir sebagian luas wilayah Kabupaten Sabu Raijua (6 kecamatan). Kecamatan di Raijua, Sabu Barat dan Hawu Mehara berada di ketinggian 0-100 dpl.

Berdasarkan keadaan batuannya, di Kabupaten Sabu Raijua terdapat kelompok jenis tanah dominan yaitu Alluvial, Grumosol, Litosol, Mediteran dengan tesktur tanah halus sampai kasar. Pada umumnya ditemukan gunung-gunung kapur yang terbentang di sepanjang kawasan kabupaten ini.

IKLIM

Kabupaten Sabu Raijua beriklim kering dan menurut L. R. Oldemam bertipe D4 dan E4, dengan kondisi iklim seperti ini maka musim hujan sangat pendek yaitu 14 sampai 69 hari hujan. Musim kemarau di kabupaten ini berkisar antara 7-8 bulan. Musim hujan yang pendek itu hanya terjadi pada bulan Desember sampai Maret. Berdasarkan data perkiraan yang kami kumpulkan, curah hujan terendah terjadi di Pulau Raijua dan yang tertinggi di Kecamatan Sabu Timur.

Kabupaten Sabu Raijua memiliki kondisi wilayah dengan topografi bergunung-gunung dan berbukit dengan derajat kemiringan sampai 450. Permukaan tanah kritis dan gundul sehingga peka terhadap erosi. Topografi yang seperti ini menimbulkan isolasi fisik, isolasi ekonomi dan isolasi sosial, apalagi oleh kurangnya dukungan infrastruktur seperti jalan dan jembatan diberbagai kecamatan. Sementara transportasi kepulau-pulau tertentu seringkali agak mahal karena rendahnya frekwensi sarana perhubungan kebeberapa pulau, dimana hal tentunya juga mempengaruhi harga barang dan jasa di kabupaten tersebut.

FLORA DAN FAUNA
Flora
Hampir sebagian terdiri dari padang rumput, pohon lontar (Borrasus flabelifer),pohon pinus, gewang dan hutan mangrove (Rhizophora sp).
Fauna :
Hewan-hewan menyusui besar misalnya, kerbau, sapi, kuda. Hewan menyusui kecil, misalnya kambing, babi dan domba.

MAKANAN KHAS
Makanan khas dari Sabu yang terkenal dan digemari oleh orang diluar daerah tersebut adalah Gula Sabu. Gula sabu berbentuk cairan yang sangat kental dan lengkel berwarha coklat kehitaman dan disadap dari pohon lontar. Gula Sabu merupakan hasil olahan pertanian mayoritas penduduk Pulau Sabu dan Raijua. Hal ini tidaklah aneh karena pohon tuak sebagai sumber nira (bahan baku pembuatan gula sabu) terdapat hampir di setiap wilayah Pulau Sabu dan Raijua.

Sumber :
http://www.petantt.com/kabupaten-sabu-raijua/

Sumber Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Lokasi_Nusa_Tenggara_Timur_Kabupaten_Sabu_Raijua.svg

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar