Jumat, 11 Februari 2011

Noetoko, Kota Tua di Kabupaten Timor Tengah Utara

Noetoko di Kecamatan Miomafo Barat Kabupaten Timor Tengat Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur sekitar 20 km dari Kota Kefamenanu diyakini sebagai kota tua, yang dibangun pemerintahan Kolonial Belanda, tahun 1850-an. Di Noetoko ditemukan sejumlah bangunan tua, peninggalan Kolonial Belanda yang diduga sebagai ibu kota pertama kabupaten TTU waktu itu.

Peta Klik :
http://wikimapia.org/7169307/Noetoko


Wakil Bupati TTU Ray Fernandes di Kefamenanu Jumat (26/9) mengatakan, sejarah asal usul kota Kefamenanu masih harus diteliti lebih lanjut. Dari penuturan para orangtua, Noetoko adalah salah satu lokasi penting pada zaman Belanda. Namun ketika Portugis masuk wilayah Timor Bagian Timur, dan menguasai sebagian wilayah TTU yang saat itu disebut Ambeno, atau Oequsi, Timor Leste; maka Noetoko dipindahkan ke Oequsi.


Sementara Belanda saat itu berpindah ke arah timur yang sekarang disebut Kecamatan Miomafo Timur. Sekitar 50 tahun lebih Belanda menetap di sana. Tetapi lokasi ini kurang strategis dari sisi pertahanan dan keamanan, kemudian Belanda berpindah tempat ke arah selatan pada tahun 1922 yang kini disebut Kefamenanu.

Belanda mulai membangun Kefamenanu tahun 1800-an, dan kini menjadi pusat kabupaten TTU. 20 Agustus 2008 Kefamenanu merayakan HUT yang ke-86, dan HUT emas berdirinya Kabupaten TTU. Pada peringatan HUT Kefamenanu ini Pemda setempat menyelenggarakan napak tilas menelusuri kota tua pertama di TTU. Napak tilas ini melibatkan 23 kelompok dari sejumlah SMP dan SMA di Kefamenanu. Tujuannya, para pelajar diajak menghormati sejarah dan mencintai pembangunan di daerah itu. (KOR)

Sumber :
Kornelis Kewa Ama Khayam
http://nasional.kompas.com/read/2008/09/26/13223924/Noetoko..Kota.Tua.di.Kabupaten.Timor.Tengah.Utara

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar