Kamis, 10 Februari 2011

Nagekeo Butuh Sentuhan Kreatifitas


Kabupaten Nagekeo saat ini sedang berbenah, menata dan meramu beraneka pembangunan. Kabupaten yang lahir pada tanggal 8 Desember 2006 setelah ditetapkannya Undang-Undang (UU) Nomor 2 Tahun 2007 tersebut diresmikan pada 22 Mei 2007 dan dilanjutkan dengan pelantikan Drs. Yohanes S.Aoh dan Drs. Paulus Kadju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Nagekeo pertama untuk memimpin daerah ini pada tanggal 20 Oktober 2008.


Membangun Nagekeo tentu tak semudah membangun Kabupaten Ngada atau kabupaten lainnya yang sudah lama berdiri. Membangun negeri sejuta Peo ini membutuhkan sentuhan kreatifitas. Tak heran kalau Bupati Yohanes S.Aoh dan Wakil Bupati Paulus Kadju menetapkan visi kabupaten ini adalah menjadikan kabupaten yang kreatif.


Ajakan kepada masyarakat untuk berkreatif terus dikumandangkan kedua petinggi Nagekeo ini. Saat membuka kegiatan pameran pembangunan dalam rangka HUT ke-65 Proklamasi Kemerdekaan di Danga-Mbay, Bupati Nani Aoh begitu ia akrab disapa, mengingatkan kembali tentang akar perjuangan sampai terbentuknya kabupaten ini. Ini dimaksudkannya agar semua pihak termasuk masyarakat menyadari bahwa sukses atau tidaknya pembangunan sangat bergantung pada semua elemen masyarakat. Masing-masing pihak dapat bertanya pada diri sendiri, apa saja yang sudah dilakukan buat Nagekeo.

Bupati Nani Aoh mengingatkan, terbentuknya Nagekeo atas kekuatan seluruh masyarakat Nagekeo, tanpa pengecualian. Dan posisi Nagekeo saat ini ibarat pesawat yang sedang take off. Artinya, Nagekeo belum stabil, Nagekeo belum sampai di atmosfir dan Nagekeo pula belum sampai pada tingkat stasioner.
Terbentuknya Nagekeo bertujuan mengangkat harkat dan martabat masyarakat Nagekeo melalui pendekatan pelayanan dan percepatan pembangunan (Nagekeo Kreatif Membangun).

Impian dalam membangun Nagekeo, menurut Bupati Nani Aoh, adalah bagaimana mewujudkan masyarakat yang sejahtera berdasarkan rasa kebersamaan dan solidaritas. Dengan menjunjung tinggi kebersamaan, cita-cita awal perjuangan akan terwujud karena bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak cepat lupa para penjasa,

Dalam semangat kebersamaan itu, orang nomor satu Nagekeo ini, dalam berbagai kesempatan juga selalu mengingatkan masyarakat tentang motto pembangunan yakni “ Ingatkan yang lupa, Benahi yang tercecer, Jemput yang tertinggal “. Dari motto tersebut, Pemda Nagekeo menetapkan dua Strategi Pokok pembangunan yakni mewujudkan Kabupaten Nagekeo yang kompetitif dan mewujudkan Kabupaten Nagekeo yang produktif. ==> silnusa


VISI: ”KABUPATEN KREATIF”

* KREATIF: Suatu orientasi sikap dan perilaku yang yang diarahkan untuk menghasilkan terobosan baru sebagai nilai tambah melalui pemanfaatan sumber daya yang tersedia, kebaruan dari ide, metode, proses, alat dan produk sehingga menghasilkan sesuatu yang unggul.

* SEJAHTERA: Suatu orIentasi sikap dan keadaan yang ditandai dengan tumbuhnya kemampuan pemenuhan kebutuhan terhadap hak dasar masyarakat dengan mengandalkan potensi yang dimiliki serta kemampuan mengendalikan lingkungan eksternal.

* RASA KEBERSAMAAN: Suatu orIentasi sikap dan tindakan yang mengedepankan semangat persaudaraan, kesetaraan dan yang berkeadilan.

* SOLIDARITAS: suatu orientasi sikap dan penghayatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan agama sebagai dasar etika serta perilaku dalam melaksanakan pembangunan NAGEKEO yang berkelanjutan.

Tujuan Strategis Pembangunan Nagekeo 2008 - 2013:
* Mewujudkan Nagekeo yang SEJAHTERA;
* Membangun ekonomi rakyat yang produktif dan berkelanjutan berbasis kebersamaan;
* Mewujudkan Nagekeo yang mandidi dalam semangat solidaritas.

Empat Agenda Pokok Pembangunan;
1. Kreatif dalam mengembangkan pemerintahan, wirausaha dan pelayanan yang berkeadilan.
2. Kreatif mengembangkan sumber daya manusia yang berorientasi wirausaha, mandiri dan berkelanjutan dalam semangat kebersamaan dan solidaritas.
3. Kreatif dalam menumbuh-kembangkan ekonomi rakyat berbasis desa dan kawasan cepat tumbuh.
4. Kreatif mengembangkan teknologi tepat guna untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sumber :
http://ombaynews.blogspot.com/2010/09/nagekeo-butuh-sentuhan-kreatifitas.html

Sumber Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Lokasi_Nusa_Tenggara_Timur_Kabupaten_Nagekeo.svg
http://www.petantt.com/category/kabupaten/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar