Jumat, 11 Februari 2011

Kabupaten Timor Tengah Selatan


Letak Geografis terletak pada 9o26’ – 10o10’ LS dan 124o49’01”– 124o04’00” BT; Luas wilayah 3.947,00 Km2; Batas Wilayah Utara berbatasan dengan Kab. Timor Tengah Utara, Timur berbatasan dengan Kab. TTU dan Kab. Belu, Barat berbatasan dengan Kab. Kupang, dan arah Selatan berbatasan dengan Laut Timor. Jumlah penduduk 415.660 orang (NTT dalam angka Tahun 2007); Wilayah Administrasi terdiri dari 32 kecamatan, 228 desa, dan 12 kelurahan.

Pemerintah Kabupaten Timor Tengah Selatan beribukota di Soe, dipimpin oleh Bupati Drs. Daniel Banunaek (2004.-2009). Mempunyai sebuah perusahaan daerah air minum yaitu PDAM Timor Tengah Selatan, sebuah Perusahaan Daerah lainnya yaitu PD Mutis Jaya, dan sebuah Rumah Sakit yaitu RSUD Soe.

Potensi Wisata Pantai Kolbano memang tidak banyak dikenal dan dikunjungi oleh masyarakat di kota Kupang. Hal ini karena untuk melihat pantai yang masuk dalam wilayah Kabupaten TTS ini warga kota Kupang harus menempuh perjalanan sejauh kurang lebih 130 Km dengan waktu tempuh 3 jam.


Namun meskipun tidak begitu populer sebagai tempat tujuan wisata, Pantai Kolbano ternyata menyimpan daya tarik tersendiri yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Pantai yang menghadap ke Samudra Hindia atau laut selatan ini dipenuhi dengan bebatuan kecil berbentuk lempeng dan bertekstur halus layaknya batuan pantai lain. Batu Kolbano, nama itu yang dikenal untuk menyebut bebatuan dari Pantai Kolbano yang telah menjadi komoditi andalan masyarakat di sekitar Pantai Kolbano. Batu Kolbano ini telah ditambang dan diperdagangkan secara resmi sejak tahun 80-an. Batu ini biasanya dipergunakan sebagai batu hias di taman atau di lobi-lobi hotel, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Sumber :
http://kupang.bpk.go.id/web/?page_id=320

Sumber Gambar:
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Timor_Tengah_Selatan
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3781630

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar